Bermain Air
Bermain dengan air merupakan salah satu
kesenangan anak dan banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan anak antara lain
perkembangan kognitif,bahasa,motorik dan sosial emosional .Bermain air
menawarkan banyak kemungkinan bagi anak mengungkapkan gagasan-gagasan serta
perasaan mereka secara alami.Pengalaman menyentuh dan merasakan air melalui
jari-jarinya memberikan kemungkinan pembelajaran yang kaya. Pendidik dapat
mengarahkan permainan tersebut agar anak dapat memiliki berbagai pengalaman
tentang air.
1.
Tahapan-tahapan
bermain air.
Menurut Dodge seperti yang dikutip
Montolalu, dkk (2005:7.12) Tahapan – tahapan bermain air yaitu:
a. Tahap
pertama, eksplorasi sensori motor yang berhubungan dengan panca indera,tahap
ini anak mengenal sifat-sifat air.
b. Tahap
kedua , anak menggunakan pengalaman dan belajar mereka untuk satu
tujuan.bermain merupakan aktivitas anak dengan perencanaan dan
percobaan-percobaan.
c. Tahap
ketiga, anak-anak menyempurnakan hasil dari tahap-tahap sebelumnya. Pada tahap
ini pengalaman anak ditunjukkan dalam keruwetan kegiatan yang direncanakan
sendiri.
2.
Manfaat
Bermain Air
Bermain air tidak sekedar memberi kesenangan pada anak, namun dapat
memberikan manfaat bagi perkembangan anak.
a. Menurut
Montolalu, dkk (2005) ”Bermain air dapat memberi beberapa manfaat antara lain
untuk perkembangan motorik, kognitif, bahasa, sosial dan emosional.”
1) Untuk
perkembangan motorik kasar yaitu ketika anak membawa atau mengangkat
wadah-wadah yang berisi air, sedangkan untuk perkembangan motorik halus ketika
anak mengisi wadah dengan air. Anak-anak akan menggunakan koordinasi antara
otot jari-jarinya mata dan otaknya supaya air tidak tumpah.
2) Untuk
perkembangan kognitif ketika bermain air anak akan belajar mengenal bilangan
,mereka akan membilang berapa wadah yang sudah terisi air dan yang belum atau
jika airnya diberi warna anak akan
membilang banyaknya botol yang diisi air berwarna hijau dan banyaknya botol yang diisi air berwarna
kuning.anak juga akan mengenal konsep lebih banyak dan lebih sedikit serta mengenal ukuran satu botol berisi
berapa gelas air atau satu ember berisi berapa botol air dan seterusnya.
3) Untuk
perkembangan bahasa terjadi ketika anak berkomumikasi,bercakap-cakap dengan
temannya bahkan mereka dapat berdiskusi
tentang mainan yang mereka hadapi bahkan mereka dapat memecahkan masalah dan
menyampaikannya pada orang lain.selain itu mereka dapat menceritakan beberapa
pengalamnnya ketika bermain air.
4) Untuk
perkembangan sosial emosional terjadi ketika anak mengisi wadah dengan air , mereka
akan penuh rasa kehati-hatian, kesabaran dan ketekunan agar airnya tidak tumpah
atau berceceran kemana-mana. Anak memiliki keinginan yang kuat agar wadahnya terisi
air dengan penuh. Ketika bermain air
anak akan merasakan perasaan yang senang, percaya diri dan tidak pernah merasa
gagal karena media air dapat mereka gunakan secara berulang-ulang. Selain itu
anak dapat belajar hubungan sosial dengan temannya misal mereka akan saling
bertukar alat atau meminjamkan alat mainnya kepada temannya dan saling berkomunikasi.
b. Menurut
Lip Fariha
Manfaat dari
bermain air antara lain mengembangkan
motorik, melatih ketrampilan dan kemandirian, mengenalkan konsep jumlah,
membandingkan dan mengukur, mengembangkan kemampuan sensorik ,mengembangkan
empati dan kehangatan antar sesama, belajar bersyukur dan melatih kebiasaan
baik. (Lip Fariha , 2012)
Manfaat
dari bermain air menurut Lip Fariha ( 2012) akan diuraikan sebagai berikut:
1) Mengembangkan
motorik
Saat anak menuang dan membawa wadah berisi air
berarti kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan motorik anak baik motorik
kasar maupun motorik halus
2) Melatih
ketrampilan dan kemandirian
Saat anak menuang air, mengaduk dan membawa wadah
berisi air sendiri tanpa bantuan berarti dengan tidak terasa anak telah melatih
ketrampilan dan kemandirian.
3) Mengenalkan
konsep jumlah, membandingkan dan mengukur
Saat anak mengukur berapa jumlah air dalam wadah
anak telah belajar mengenal konsep jumlahada saat membandingkan isi wadah satu
dengan wadah yang lain anak juga belajar mengukur lebih banyak atau lebih
sedikit.
4) Mengembangkan
kemampuan sensorik
Dengan merasakan bentuk air melalui jari-jarinya dan
pengamatan melalui penglihatannya anak dengan tidak terasa telah mengembankan
kemampuan sensoriknya.
5) Mengembangkan
empati dan kehangatan antar sesama.
Saat bermain air anak akan bercakap-cakap,berkomunikasi
dengan temannya sehingga anak dapat mengembangkan empati dan kehangatan antar
sesama.
6) Belajar
bersyukur dan melatih kebiasaan baik
Dengan mengenal air anak akan mengenal pula siapa
pencipta air dan akan tumbuh rasa syukur pada sang pencipta karena dianugerahi
air yang melimpah .Ketika bermain air bersama dengan teman maka akan terjadi
komunikasi sehingga melalui komunikasi tersebut anak dapat mengembangkan
perasaan saling berbagi, saling membantu , mau mengucap terima kasih. Disamping
itu pula akan tumbuh rasa ingin menghemat air karena air itu banyak manfaatnya,
dan betapa sulitnya jika hidup tanpa air.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar