Selasa, 16 Februari 2016

Asyiknya Bermain Air di Paud Melati Wates

 Bermain Air
     Bermain dengan air merupakan salah satu kesenangan anak dan banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan anak antara lain perkembangan kognitif,bahasa,motorik dan sosial emosional .Bermain air menawarkan banyak kemungkinan bagi anak mengungkapkan gagasan-gagasan serta perasaan mereka secara alami.Pengalaman menyentuh dan merasakan air melalui jari-jarinya memberikan kemungkinan pembelajaran yang kaya. Pendidik dapat mengarahkan permainan tersebut agar anak dapat memiliki berbagai pengalaman tentang air.




1.      Tahapan-tahapan bermain air.
      Menurut Dodge seperti yang dikutip Montolalu, dkk (2005:7.12) Tahapan – tahapan bermain air yaitu:
a.       Tahap pertama, eksplorasi sensori motor yang berhubungan dengan panca indera,tahap ini anak mengenal sifat-sifat air.
b.      Tahap kedua , anak menggunakan pengalaman dan belajar mereka untuk satu tujuan.bermain merupakan aktivitas anak dengan perencanaan dan percobaan-percobaan.
c.       Tahap ketiga, anak-anak menyempurnakan hasil dari tahap-tahap sebelumnya. Pada tahap ini pengalaman anak ditunjukkan dalam keruwetan kegiatan yang direncanakan sendiri.

2.      Manfaat Bermain Air
     Bermain air tidak sekedar memberi kesenangan pada anak, namun dapat memberikan manfaat bagi perkembangan anak.

a.       Menurut Montolalu, dkk (2005) ”Bermain air dapat memberi beberapa manfaat antara lain untuk perkembangan motorik, kognitif, bahasa, sosial dan emosional.”
1)      Untuk perkembangan motorik kasar yaitu ketika anak membawa atau mengangkat wadah-wadah yang berisi air, sedangkan untuk perkembangan motorik halus ketika anak mengisi wadah dengan air. Anak-anak akan menggunakan koordinasi antara otot jari-jarinya mata dan otaknya supaya air tidak tumpah.

2)      Untuk perkembangan kognitif ketika bermain air anak akan belajar mengenal bilangan ,mereka akan membilang berapa wadah yang sudah terisi air dan yang belum atau jika airnya diberi warna anak akan  membilang banyaknya botol yang diisi air berwarna hijau dan  banyaknya botol yang diisi air berwarna kuning.anak juga akan mengenal konsep lebih banyak dan lebih sedikit  serta mengenal ukuran satu botol berisi berapa gelas air atau satu ember berisi berapa botol air dan seterusnya.
3)      Untuk perkembangan bahasa terjadi ketika anak berkomumikasi,bercakap-cakap dengan temannya  bahkan mereka dapat berdiskusi tentang mainan yang mereka hadapi bahkan mereka dapat memecahkan masalah dan menyampaikannya pada orang lain.selain itu mereka dapat menceritakan beberapa pengalamnnya ketika bermain air.

4)      Untuk perkembangan sosial emosional terjadi ketika anak mengisi wadah dengan air , mereka akan penuh rasa kehati-hatian, kesabaran dan ketekunan agar airnya tidak tumpah atau berceceran kemana-mana. Anak memiliki keinginan yang kuat agar wadahnya terisi  air dengan penuh. Ketika bermain air anak akan merasakan perasaan yang senang, percaya diri dan tidak pernah merasa gagal karena media air dapat mereka gunakan secara berulang-ulang. Selain itu anak dapat belajar hubungan sosial dengan temannya misal mereka akan saling bertukar alat atau meminjamkan alat mainnya kepada temannya dan saling berkomunikasi.

b.      Menurut Lip Fariha
Manfaat dari bermain air  antara lain mengembangkan motorik, melatih ketrampilan dan kemandirian, mengenalkan konsep jumlah, membandingkan dan mengukur, mengembangkan kemampuan sensorik ,mengembangkan empati dan kehangatan antar sesama, belajar bersyukur dan melatih kebiasaan baik. (Lip Fariha , 2012)

Manfaat dari bermain air menurut Lip Fariha ( 2012) akan diuraikan sebagai berikut:
1)      Mengembangkan motorik
Saat anak menuang dan membawa wadah berisi air berarti kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan motorik anak baik motorik kasar maupun motorik halus

2)      Melatih ketrampilan dan kemandirian
Saat anak menuang air, mengaduk dan membawa wadah berisi air sendiri tanpa bantuan berarti dengan tidak terasa anak telah melatih ketrampilan dan kemandirian.

3)      Mengenalkan konsep jumlah, membandingkan dan mengukur
Saat anak mengukur berapa jumlah air dalam wadah anak telah belajar mengenal konsep jumlahada saat membandingkan isi wadah satu dengan wadah yang lain anak juga belajar mengukur lebih banyak atau lebih sedikit.

4)      Mengembangkan kemampuan sensorik
Dengan merasakan bentuk air melalui jari-jarinya dan pengamatan melalui penglihatannya anak dengan tidak terasa telah mengembankan kemampuan sensoriknya.
5)      Mengembangkan empati dan kehangatan antar sesama.
Saat bermain air anak akan bercakap-cakap,berkomunikasi dengan temannya sehingga anak dapat mengembangkan empati dan kehangatan antar sesama.

6)      Belajar bersyukur dan melatih kebiasaan baik
Dengan mengenal air anak akan mengenal pula siapa pencipta air dan akan tumbuh rasa syukur pada sang pencipta karena dianugerahi air yang melimpah .Ketika bermain air bersama dengan teman maka akan terjadi komunikasi sehingga melalui komunikasi tersebut anak dapat mengembangkan perasaan saling berbagi, saling membantu , mau mengucap terima kasih. Disamping itu pula akan tumbuh rasa ingin menghemat air karena air itu banyak manfaatnya, dan betapa sulitnya jika hidup tanpa air.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar